Home » , » Kandungan Surat Al Fatihah

Kandungan Surat Al Fatihah

Written By Jarwo on Minggu, 01 Maret 2015 | 18.20

Pada kesempatan kali ini  saya ingin berbagi pada para pembaca mengenai materi ajar saya pada pelajaran qur'an hadist kelas 3 madrasah ibtidaiyah dengan kompetensi dasar Mengerti kandungan Surat Al Fatihah! Baiklah mari segera kita mulai.

Al Fatihah adalah surat pertama yang tercantum dalam Al Quran. Oleh karena itu Al Fatihah disebut sebagai pembukaan dari Al Qur'an. Dalam  tata bahasa, AL Fatihah artinya pembukaan. Selain itu Al fatihah juga disebut sebagai ummul qur'an yang artinya induk dari Al Qur'an. Disebut ummul quran karena isi kandungannya Surat Al Fatihah meliputi semua ajaran al quran secara global (garis besar).
Al fatihah juga disebut dengan Sab'ul Masani, yang berarti tujuh yang berulang-ulang. disebut tujuh yang berulang karena Al fatihah selalu di baca pada setiap rakaat dalam sholat. jadi sehari-semalam kita membaca minimal 17 kali.

Sedangkan isi kandungan Al fatihah secara rinci yaitu

Ayat pertama disebut dengan kalimat basmalah. Islam mengajarkan kepada seluruh umat muslim dan muslimat untuk memulai segala sesuatu dengan kalimat ini. Misalnya akan sholat, mau makan, mau minum, dan kegiatan laiinya. 
Rasulullah mengingatkan umat islam dalah hadisnya bahwa pekerjaan yang tidak diawali dengan kata basmalah akan berakibat sia-sa dan terputus di tengan perjalanan dengan penuh kegagalan

bersambung . . . .
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JARWO BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger